Masalah Umum Pada Pemanas Air dan Cara Memperbaikinya

solahart

Kerusakan pada pemanas air umum terjadi ketika pemanas air tersebut sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. Sebagai pemilik pemanas air tersebut, sudah seharusnya Anda mencari solusi untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui apa saja jenis kerusakan yang mungkin dapat terjadi pada pemanas air dan cara memperbaikinya.

Mengetahui jenis kerusakan adalah hal yang cukup penting, sebab kerusakan pada pemanas air memang cukup beragam. Jika tidak mengetahuinya, beresiko akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Untuk itu, kali ini Kami berbagi informasi mengenai berbagai masalah yang umumnya terjadi pada pemanas air.

Kerusakan Water Heater Pemanas Air Yang Umum Terjadi

Beberapa jenis kerusakan yang umum terjadi pada pemanas air meliputi :

Water heater rusak karena Air Kurang Panas

Apabila air pada pemanas air terlalu lama untuk mendapatkan panas, maka bisa jadi terjadi masalah pada pemanas air. Kerusakan yang terjadi biasanya disebabkan oleh endapan mineral yang ada pada bagian bawah tangki. Ini menyebabkan aliran air yang masuk menjadi terbatas. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan air lebih lama.

Cara memperbaiki pemanas air yang tidak kunjung panas adalah dengan membuang endapan yang terendap dengan membuang air keluar. Jika belum terselesaikan, maka solusinya adalah mencari tukang service pemanas air untuk membantu Anda.

Water Heater Terdapat Suara Bising

Apabila terdapat suara gemuruh pada pemanas air, sebaiknya cari terlebih dahulu sumber dari suara itu. Misalnya sumber suara berasal dari pipa, bisa jadi disebakan karena penumpukan tekanan sedimen di dalam pipa.

Cara memperbaiki timbulnya suara bising pada pemanas air adalah dengan mencoba mengangkat tuas keatas pada Pressure Relief Valve. Apabila sudah ditangani namun kebisingan masih ada, segera langsung menghubungi jasa service pemanas air untuk membantu Anda.

Layanan Lain : Jasa Service Pemanas Air Polaris

Air Water Heater Yang Keruh

Air yang keruh ketika keluar dari pemanas air bisa jadi tanda bahwa pemanas air tersebut rusak. Penyebabnya bisa jadi karena mineral atau bakteri mungkin telah menumpuk di tangki Anda dan mengalir keluar melalui keran. Disamping itu, penyebabnya juga bisa disebabkan oleh pipa air yang berkarat.

Cara untuk menanganinya yaitu dengan mencoba tiriskan air dari tangki kemudian isi ulang dengan air yang baru. Ini akan membantu untuk membuang mineral atau bakteri yang terakumulasi keluar. Apabila masih berubah warna setelah mengganti air, maka kemungkinan pipanya sudah berkarat dan perlu diganti dengan yang baru.

Air Water Heater yang Berbau

Air berbau yang keluar dari pemanas air bisa disebabkan oleh bakteri yang ada pada air. Juga banyak kasus yang disebabkan karena batang anoda yang rusak. Batang anoda sendiri merupakan batang yang mengorbankan diri untuk larut seiring dengan penggunaan. Partiler terlarutnya akan membantu memperkuat tangki bagian dalam dan mencegahnya untuk berkarat. Batang anoda yang terlarut tentu saja tidak akan membuat air menjadi berbau.

Cara memperbaikinya bisa dengan melakukan penyiraman air keluar dari tangki dan menggantinya dengan air yang baru untuk dapat menghilangkan bakteri. Jika masih berbau segera lakukan perbaikan dengan menghubungi jasa perbaikan pemanas air yang sudah berpengalaman untuk membantu Anda.

Air Pada Water Heater Bocor

Apabila terdapat air bocor pada bagian bawah tangki, maka Anda bisa periksa terlebih dahulu kondisi tangki. Pertama cobalah tentukan sumber dari air menetes tersebut. jika menetes dari katup temperatur dan tekanan relief (TPR) maka Anda tak perlu khawatir. Karena TPR yang berfungsi dengan baik memang mengeluarkan tekanan dan suhu dengan melepaskan air melalui tetesan air. Namun jika terjadi kebocoran, maka berarti katup tersebut penuh dengan sedimen atau partikel yang menumpuk. Atau jika timbul kebocoran di tempat lain bisa jadi ada keretakan pada tangki.

Cara memperbaiki kebocoran adalah bisa dengan memasang pipa kecil yang menghubungkan katup TPR dengan saluran air terdekat untuk mengalirkan tetesan. Namun jika katup TPR bocor, maka Anda bisa lakukan dengan mengangkat tuas pada katup TPR. Jika kebocoran berlanjut segera menghubungi jasa service pemanas air terbaik.

Itulah kerusakan yang umum terjadi pada pemanas air dan cara untuk memperbaiki kerusakannya. Bila terdapat kerusakan pemanas air yang tak kunjung terselesaikan, menghubungi Kami adalah pilihan tepat. Kami adalah jasa service pemanas air tenaga surya, jasa perbaikan pemanas air terbaik untuk layanan di jabodetabek dan jawa barat. Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami